Sabtu, 11 Agustus 2018

Makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat

Penderita penyakit asam urat harus membatasi mengkonsumsi sejumlah makanan dalam upaya mengurangi keluhan yang biasa terjadi bahkan untuk meringankan rasa nyeri saat kambuh.  Berbagai jenis makanan laut yang harus dipantang bagi penderita asam urat tinggi seperti kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting. Selain itu beberapa jenis sayuran yang memiliki kadar purin tinggi seperti sayur bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, atau jamur, kangkung, daun singkong. Sehingga pembatasan jenis masakan harus diberlakukan.

pantangan makan


Kerusakan zat Purin disinyalir sebagai biang keladi yang menyebabkan seseorang terserang asam urat, bentuknya bergerigi sehingga mengakibatkan rasa nyeri pada persendian dan terasa sangat sakit hingga sangat mengganggu dan bahkan sulit berjalan. Untuk meminimalisir rasa nyeri dipersendiaqn ini, terkadang penderita asam urat memaksa dirinya untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk meredakan atau meringankan rasa nyeri yang diakibatkan oleh asam urat. Namun disisi lain obat-obatan medis juga dapat menyebabkan kinerja fungsi organ ginjal ikut terganggu.

Penyakit asam urat terjadi karena terbentuknya asam dan garam monosodium uric crystal dalam otot dan menurunnya fungsi sistem pembuangannya. Hal ini mengakibatkan terjadinya penumpukan (deposit) sisa-sisa asam dan fagositosis pada otot. Salah satu hal yang menjadi pantangan asam urat adalah minuman alkohol. Asam urat termasuk penyakit berbahaya yang harus anda hindari, namun untuk mengurangi keluhan, maka ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan.

Berikut jenis makanan yang harus dihindari oleh bagi penderita asam urat :

  • Makanan laut yang dikemas dalam bentuk kaleng, seperti ikan sarden, corned dsb.
  • Menghindari atau mengurangi makanan laut seperti udang, kepiting, remis, dan tiram, cumi-cumi.
  • Mengurangi konsumsi atau menghindari minuman dan makanan yang mengandung alkohol adalah langkah terbaik dalam membatasi kadar asam urat agar tidak semakin meningkat. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol seperti tapai, bir, tuak, makanan yang dibuat dengan banyak ragi.
  • Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dll. Sudah rahasia umum bahwa jeroan menjadi pantangan asam urat.
  • Beberapa jenis buah-buahan yang mengandung purin tinggi, seperti durian, alpokat, air kelapa muda, emping melinjo, dll

Menjauhi makanan pantangan asam urat bisa membantu tubuh dalam menurunkan kadarnya dalam darah Anda. Rematik asam urat yang Anda derita memang tidak bisa disembuhkan dengan hanya menjauhi makanan ini. Namun, hal ini mungkin bisa menurunkan risiko Anda terkena serangan asam urat berulang yang membuat tubuh nyeri, sekaligus memperlambat kerusakan pada persendian. Jaga kesehatan organ tubuh anda sebelum terserang penyakit.

Selain membatasi makanan pantangan asam urat, Anda disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga. Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa menjaga produksi asam urat agar tetap stabil. Produksi asam urat bisa naik jika Anda mengalami kelebihan berat badan. Jadi, olahraga juga bisa membantu Anda mengatasi kondisi ini. Pemilik asam urat tinggi disarankan untuk memperbanyak minum air putih guna membantu proses pengeluaran asam urat melalui urine. Baca juga Jenis penyakit diabetes yang perlu anda ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan bijak