Sabtu, 11 Agustus 2018

Yuk mengenal lebih dalam tentang penyakit endometriosis

Penyakit endometriosis kini semakin banyak dialami oleh banyak wanita khususnya yang tinggal di wilayah perkotaan. Memang ada banyak metode pengobatan untuk penyakit sistem reproduksi wanita ini. Penyakit ini muncul ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Pelajari juga manfaat kelapa hijau.

Endometriosis merupakan salah satu kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita. Namun, jika dilihat untuk jangka panjangnya, pengobatan secara alami tentu lebih baik untuk kesehatan Anda. Sama seperti penyakit pada umumnya, diagnosis endometriosis meliputi konsultasi dengan dokter serta pemeriksaan organ-organ panggul. Dokter akan menanyakan gejala-gejala Anda secara detail, terutama lokasi, frekuensi serta waktu kemunculan rasa sakit.

Endometriosis sendiri merupakan suatu kondisi dimana jaringan yang melapisi bagian dalam rahim atau endometrium mulai tumbuh di luar rahim. Sayangnya, sebagian wanita tidak merasakan sakit apa pun sehingga tak sedikit yang baru mengetahui setelah menjalani pemeriksaan rahim.

Dampak endometriosis berbeda-beda pada tiap wanita. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tidak meremehkan rasa sakit yang melebihi biasanya pada saat menstruasi dan memeriksakan diri ke dokter. Asal tahu saja bahwa penyakit Endometriosis bisa menyerang remaja wanita muda di usia 16 tahun.

Penyakit endometriosis


Karena penyebabnya belum diketahui, langkah penanganan endometriosis yang pasti juga belum ada. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi gejala agar tidak mengganggu rutinitas sehari-hari. Paling tidak ada ada 8 jenis obat-obatan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah dan dikenal ampuh mengatasi endometriosis.

Jahe : Jahe adalah salah satu obat terbaik yang mengandung anti peradangan. Ambil sedikit potongan jahe, parut dan masak hingga mendidih. Biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan satu sendok teh madu asli, aduk dan minum 2-3 kali sehari.

Castor oil : Castor oil atau minyak jarak diketahui efektif mengobati endometriosis. Caranya, celupkan kain bersih dalam minyak jarak. Buat kain tersebut panas kemudian kompres ke perut bagian bawah selama 20-30 menit. Ini bisa membantu menurunkan gejala endometriosis.

Flaxseed : Lebih dikenal dengan benih lenan yang memiliki sifat antioksidan dan kandungan asam lemak Omega-3. Biji rami ini bermanfaat untuk mengobati endometriosis dan membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

Kunyit : Seperti diketahui bahwa isi kurkumin dalam kunyit dikenal memiliki manfaat antiperadangan dan membantu mengobati endometriosis. Tambahkan satu sendok teh kunyit ke air mendidih, tambahkan bubuk jahe, satu sendok teh madu dan perasan lemon. Minum sekali sehari.

Chamomile : Chamomile juga dikenal mampu mengurangi peradangan yang memicu endometriosis. Anda bisa konsumsi chamomile bubuk bersamaan dengan teh dan minum 2-3 kali sehari.

Biji adas : Bahan ini mampu memberikan bantuan untuk mengatasi endometriosis. Cobalah ambil beberapa biji adas dalam kain bersih, gosok dan cium aromanya. Atau bisa juga dengan merebus satu sendok teh biji adas dan minum seperti teh.

Brokoli : Sayuran yang satu ini mengandung senyawa yang disebut indoles. Ini membantu untuk meningkatkan metabolisme estrogen sehingga bisa membantu mengendalikan kondisi endometriosis.

Minyak ikan : Minyak ikan kaya akan asam lemak Omega-3. Komponen dalam minyak ikan membantu mencegah pertumbuhan sel-sel endometrium. Untuk hasil terbaik, minum satu sendok teh minyak ikan setiap pagi dan sore hari.

Coba juga pelajari cara perawatan luka diabetes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan bijak