Sabtu, 11 Agustus 2018

Yuk mengenal lebih dekat penyakit batu ginjal

Hingga saat ini penyebab batu ginjal secara pasti belum diketahui, namun kemungkinan bisa diakibatkan oleh terlalu pekatnya kadar garam dalam urine. Batu ginjal biasanya terjadi karena adanya pengendapan sehingga terbentuknya jenis batu lain sehingga batu yang terjadi dalam saluran kemih umumnya terjadi karena banyaknya kalsium dan fosfat atau kombinsai asam urat yang biasanya larut didalam urine.

penyakit batu ginjal


Pada awal mulanya batu ginjal menimbulkan keluhan yang khas. Rasa pegal, linu disekitar pinggang, urin berwarna kemerahan, atau urin disertai pasir merupakan keluhan yang banyak dijumpai. Apabila batu ginjal yang terbentuk berukuran lebih dari 5 mm dan terus bergeser lalu menggelinding ke saluran kandung kemih maka menimbulkan rasa sakit yang hebat disekitar daerah pinggang (kolik) dan nyeri bagian perut yang timbul akibat merenggangnya dinding ureter. Jika batu sampai kebagian bawah saluran kandung kemih, rasa nyeri berpindah ke daerah pangkal paha yang disertai keluarnya darah bersama air seni, mual dan muntah.

Batu ginjal kadang juiga tidak menimbulkan gejala apapun hingga batu tersebut bergerak di dalam saluran ureter atau pipa yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. pada umumnya gejala batu ginjal seperti :
  • Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul
  • Nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin berwarna pink, merah atau coklat
  • Mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Demam dan menggigil saat infeksi terjadi
Penyakit batu ginjal sering dialami masyarakat di negara tropis. Udara yang panas menyebabkan dehidrasi sehingga mudah terjadi pengentalan urine yang mengendap yang aktivitasnya harus terpapar suhu ruang panas, seperti juru masak atau mekanik bengkel beresiko tinggi terkena batu ginjal.

Oleh karena itu anda harus sering mengkonsumsi air minum yang cukup paling tidak 8 gelas sehari, menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat serta kebiasaan buruk yang perlu dihindari. Cobalah untuk selalu menjalankan pola hidup sehat dan juga menjaga lingkungan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan bijak