Minggu, 03 Mei 2020

Penyebab Penyakit Gula Darah Menurut Jenisnya

Penyebab penyakit gula darah kerap dikaitkan dengan diabetes. Gula darah adalah gula yang dibawa aliran darah ke semua sel dalam tubuh untuk memasok energi. Seseorang perlu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang aman untuk mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

Penyebab penyakit gula darah dipicu oleh kadar gula darah yang jauh dari kisaran normal. Ada dua jenis penyakit gula darah, hiperglikemia dan hipoglikemia. Keduanya memiliki penyebab penyakit gula darah yang berbeda.


Penyebab penyakit gula darah ini juga disebabkan oleh produksi hormon insulin yang tidak normal. Pemantauan kadar gula darah penting bagi semua orang. Melakukan tes rutin dapat meminimalisir penyebab penyakit gula darah berkembang. Berikut penyebab penyakit gula darah sesuai dengan jenisnya :

Penyakit Gula Darah


Penyebab penyakit gula darah tinggi : Gula darah tinggi atau hiperglikemia mengacu pada kadar gula yang tinggi dalam darah. Ini terjadi ketika tubuh tidak memproduksi atau menggunakan insulin yang cukup. Insulin merupakan hormon yang menyerap glukosa ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. Tanpa insulin, glukosa tidak dapat memasuki sel dan menumpuk di aliran darah. Makan berlebihan dan tidak melakukan olahraga yang cukup dapat menyebabkan kadar gula dalam darah terus tinggi. Stres dalam pekerjaan, kehidupan, dan hubungan juga bisa melepaskan hormon yang menjaga kadar glukosa dalam darah tinggi.

Penyebab penyakit gula darah rendah : Hipoglikemia mengacu pada rendahnya kadar gula dalam darah. Hipoglikemia bukanlah penyakit, tetapi dapat mengindikasikan masalah kesehatan. Hipoglikemia dapat terjadi dengan beberapa kondisi, tetapi paling sering terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan, seperti insulin. Penderita diabetes menggunakan insulin untuk mengobati gula darah tinggi. Pada orang tanpa diabetes, hipoglikemia dapat terjadi akibat tubuh memproduksi terlalu banyak insulin setelah makan, menyebabkan kadar gula darah turun yang disebut hipoglikemia reaktif. Masalah kesehatan lainnya juga dapat menyebabkan hipoglikemia, termasuk konsumsi alkohol, perawatan medis, anoreksia, hepatitis, gangguan ginja., tumor pankreas, dan gangguan kelenjar adrenal.

Faktor risiko penyebab penyakit gula darah tinggi : Obesitas merupakan penyebab utama diabetes tipe 2. Studi menunjukkan bahwa lemak perut menyebabkan sel-sel lemak melepaskan bahan kimia 'pro-inflamasi', yang dapat membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin yang dihasilkannya dengan mengganggu fungsi sel-sel responsif insulin dan kemampuan mereka untuk merespons insulin. Malas gerak bisa menyebabkan resistensi insulin, yang merupakan faktor penyebab diabetes melitus. Olahraga membuat jaringan otot merespons insulin dengan lebih baik. Inilah sebabnya mengapa olahraga aerobik teratur dan pelatihan resistensi dapat menurunkan risiko diabetes. Yuk kenali jenis dan gejala sakit kepala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan bijak