Sabtu, 11 Agustus 2018

Hindari penyakit diabetes sejak anda sehat

Bisa dikatakan jika seseorang telah terjangkit penyakit gula atau sering juga disebut sebagai penyakit diabetes maka sejak itu pula penderitanya akan menderita seumur hidup. yah memang itulah pada kenyataannya bahwa penyakit kencing manis ini memang sangat sukar disembuhkan, bagi penderitanya biasanya hanya berusaha untuk meringankan dampaknya saja.

menjaga kesehatan


Apa itu gula dalam darah? Gula darah adalah bisa dikatakan sebagai bahan bakar tubuh anda yang mana dibutuhkan untuk tenaga atau sebagai bahan untuk bekerjanya seluruh tubuh anda, seperti : kerja otak, sistem saraf, dan jaringan tubuh yang lain. Gula dalam darah ini harus dirubah oleh zat insulin terlebih dahulu untuk bisa digunakan untuk menunjang sistem tubuh tersebut.

Perlu diketahui bahwa gula darah yang terdapat di dalam tubuh anda dihasilkan dari makanan yang anda konsumsi dengan kandungan karbohidrat, protein, dan lemak. Pada keadaan biasa atau pada orang sehat, maka perhitungan kadar gula dalam darah bisa dilihat seperti berikut :

Pada saat puasa atau lebih dari 2 jam setelah anda makan

  • Kadar gula darah normal saat puasa adalah 110 mg/dl – 126 mg/dl. Pada saat puasa, jika Anda mempunyai kadar gula darah di bawah 110 mg/dl, itu namanya Anda kekurangan zat gula.
  • Apabila kadar gula darah Anda di atas 126 mg/dl, maka Anda dipastikan menderita kadar gula darah tinggi atau diabetes. Dalam kondisi yang seperti itu, sebaiknya Anda melakukan respon cepat untuk menurunkan gula darah.
Pada saat setelah makan ( paling tidak 2 jam setelah makan )
  • Kadar gula darah normal setelah makan adalah 140 mg/dl – 200 mg/dl. Jika Anda mengukur kadar gula darah setelah makan atau dua jam setelah makan, maka nilai normalnya adalah antara 140mg/dl sampai 200 mg/dl.
  • Apabila alat pengukur atau hasil tes laboratorium menunjukkan angka di bawah 140, maka Anda kekurangan gula darah. Namun apabila kadar gula darah Anda diatas 200 mg/dl, maka dapat dipastikan Anda sedang mengalami gula darah tinggi atau diabetes.
Keterangan :
  • Kadar gula darah puasa (tidak mendapat asupan kalori 8-10 jam sebelumnya): Normal = kadar gula < 100 mg/dl Pre Diabetes = kadar gula 100-125 mg/dl Diabetes = kadar gula > 125 mg/dl
  • Kadar gula darah sesaat (saat atau sesudah makan) : Normal = kadar gula < 140 mg/dl Pre Diabetes = kadar gula 140-200 mg/dl Diabetes = kadar gula > 200 mg/dl
  • Normalnya kadar gula dalam darah, saat pengecekan puasa atau sebelum makan adalah 80-100mg/dl, untuk pengecekan dua jam setelah makan idealnya 80-140mg/dl.
  • Jadi seseorang bisa dikatakan mengidap diabetes bila gula darah puasanya 126mg/dl, dan kadar gula darah dua jam setelah makan diatas 200mg/dl
Gula darah bisa begitu menyeramkan jika Anda tak bisa mengontrol kadarnya dalam tubuh. Secara medis, gagalnya pengaturan gula darah dalam tubuh anda adalah penyebab utama terjangkitnya penyakit kencing manis.

Pada penderita diabet akut ( jenis basah ) selain merasakan kelemasan yang luar biasa, maka dibagian tubuh bagian bawah timbul luka kaki yang bila tidak di obati akan membusuk. Cara perawatan luka diabetes ini harus dilakukan secara teratur dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan bijak