Minggu, 07 Juli 2019

Solusi tepat cara mengobati ketombe dengan bahan alami

Solusi tepat cara mengobati ketombe dengan bahan alami. Kulit kepala yang gatal dan serpihan adalah tanda-tanda khas dari gangguan ketombe di kulit kepala anda. Ketombe juga dapat menyebabkan gejala lain seperti bercak berminyak pada kulit kepala dan kulit ketombean. Penyebab ketombe yang mendasari termasuk kulit kering, sensitivitas terhadap produk rambut dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala. Meskipun ada banyak produk bebas yang dirancang untuk mengobati ketombe, obat alami bisa saja efektif. Berikut beberapa solusi sederhana cara menghilangkan ketombe secara alami.

cara mengobati ketombe


Cobalah dengan minyak pohon teh :  Secara historis, minyak pohon teh telah digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari jerawat hingga psoriasis. Ini juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu mengurangi gejala ketombe. Faktanya, menurut sebuah ulasan, minyak pohon teh efektif melawan jenis spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Studi 4 minggu lainnya meneliti efek minyak pohon teh pada ketombe dengan merawat 126 orang setiap hari dengan sampo yang mengandung minyak pohon teh 5% atau plasebo. Pada akhir penelitian, minyak pohon teh mengurangi keparahan gejala sebesar 41% dan meningkatkan sifat berminyak dan gatal-gatal. Perhatikan bahwa minyak pohon teh dapat menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Yang terbaik adalah mencairkannya dengan menambahkan beberapa tetes ke minyak pembawa seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit.

Coba gunakan minyak kelapa : Terkenal karena berbagai manfaat kesehatannya, minyak kelapa sering juga digunakan sebagai obat alami untuk ketombe. Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan, yang dapat memperburuk ketombe. Sebuah penelitian kecil terhadap 34 orang menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit. Penelitian lain telah menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu dalam perawatan eksim, suatu kondisi kulit yang dapat menyebabkan ketombe. Satu studi membandingkan efek minyak kelapa dan minyak mineral pada dermatitis atopik, sejenis eksim yang ditandai dengan rasa gatal dan peradangan. Menerapkan minyak kelapa ke kulit selama delapan minggu mengurangi gejala sebesar 68%, dibandingkan dengan hanya 38% pada kelompok minyak mineral. Minyak kelapa dan senyawanya juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dalam beberapa studi tabung, meskipun efek pada strain spesifik jamur yang menyebabkan ketombe belum diperiksa.

Dengan Aloe Vera ( lidah buaya ) : Lidah buaya adalah jenis sukulen yang sering ditambahkan ke salep, kosmetik, dan lotion kulit. Ketika diaplikasikan pada kulit, lidah buaya dipercaya dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis dan luka dingin. Mungkin juga bermanfaat dalam pengobatan ketombe. Menurut sebuah ulasan, sifat antibakteri dan antijamur dari lidah buaya dapat membantu melindungi terhadap ketombe. Demikian pula, sebuah penelitian tabung menemukan bahwa lidah buaya efektif terhadap beberapa spesies jamur dan dapat membantu mengendalikan infeksi jamur yang menyebabkan rambut rontok dari kulit kepala. Penelitian tabung reaksi juga menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi peradangan, yang dapat meredakan gejala. Terlepas dari hasil yang menjanjikan ini, studi tambahan diperlukan untuk melihat bagaimana lidah buaya dapat secara langsung mempengaruhi ketombe.

Gunakan baking soda : Ditemukan di dapur pantry di seluruh dunia, baking soda adalah obat cepat, nyaman dan tersedia untuk membantu mengobati ketombe. Ia diyakini bertindak sebagai exfoliant yang lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi scaling dan gatal-gatal. Soda kue juga memiliki sifat antijamur yang dapat bermanfaat dalam pengobatan ketombe. Satu penelitian tabung reaksi mengukur efek antijamur dari soda kue pada beberapa jenis jamur yang paling umum yang menyebabkan infeksi kulit. Secara mengesankan, baking soda mampu sepenuhnya menghambat pertumbuhan jamur pada 79% spesimen setelah tujuh hari. Studi lain melihat efek baking soda pada 31 orang dengan psoriasis. Pengobatan dengan mandi soda kue ditemukan untuk secara signifikan mengurangi rasa gatal dan iritasi setelah hanya tiga minggu. Pedoman pengobatan untuk kondisi lain seperti dermatitis atopik juga mencatat bahwa meminum soda kue dapat membantu menghilangkan rasa gatal. Untuk hasil terbaik, coba oleskan soda kue langsung ke rambut basah dan pijatkan ke kulit kepala Anda. Biarkan selama satu atau dua menit, kemudian lanjutkan keramas rambut Anda seperti biasa. Coba juga Cara Mengatasi Ketombe dengan Jeruk Nipis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan bijak