Sabtu, 11 Agustus 2018

Waspada terhadap penyakit diabetes saat usia senja

Serangan penyakit diabetes bisa menyerang kapan saja. Namun pada umumnya penyakit diabetes di derita oleh mereka yang sudah usia lanjut. Meskipun demikian, jika anda tidak bisa menjaga kesehatan badan maka bisa saja meskipun masih muda akan menderita penyakit diabetes atau sering juga disebut sebagai penyakit kencing manis. Pada hakekatnya serangan penyakit diabet ini terjadi karena kesalahan dala pola makan harian yang sudah berlangsung cukup lama. Sehingga jarang diketahui penyebab sebenarnya dari penyakit diabetes. namun demikian jika pola makan harian anda teratur dan tidak berlebihan, maka kemungkinan besar anda tidak akan terserang penyakit diabetes.

penderita penyakit diabetes


Sebagaimana diketahui bahwa penyakit diabetes timbul karena tubuh kekurangan zat insulin. Penyakit diabetes berhubungan erat dengan kekurangan zat insulin dalam tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa zat insulin mempunyai tugas utama sebagai perubah zat gula darah. maka jika tubuh kekurangan zat insulin maka gula darah dalam darah akan gagal dirubah sebagai tenaga. Gambaran tentang hal ini cukup jelas. Jika tubuh anda merasa lemas, maka setelah minum atau makan yang manis manis maka tenaga anda akan timbul kembali.

Tetapi jika suatu saat tubuh anda kekurangan zat insulin. Maka asupan makanan yang masuk dalam tubuh masih tetap utuh sebagai zat gula dalam darah karena zat insulin tidak cukup untuk merubahnya. Maka bagi mereka yang menderita penyakit diabetes sering kali merasakan tubuh lemas tanpa tenaga, karena gula darah tidak diubah menjadi tenaga. Meskipun telah makan banyak maka tubuh tetap kurang tenaga. Bahkan bagi penderita diabetes justru pantang untuk makan yang manis manis karena bisa memperparah penyakitnya.

Dewasa ini kita mengenal ada beberapa macam jenis penyakit diabetes yang bisa digolongkan menjadi 2 jenis yakni penyakit diabetes kering dan penyakit diabetes basah. Penyakit diabetes ini cukup mudah dikenali. Pada penyakit diabetes kering maka gejala yang timbul seperti pada penderita diabets pada umunya. namun penderitanya cenderung kurus kering dan kurang tenaga.

Tetapi bagi penderita diabetes basah justru lebih berbahaya, karena jika ada bagian tubuh yang luka maka akan sulit sembuh dan selalu lembab dan basah. Bahkan jika tidak segera di obati bisa bertambah parah dan harus diamputasi. Itulah sebabnya luka penderita diabetes basah ini mesti dirawat dengan baik dan benar. Pelajari secara lengkap tentang cara membersihkan luka diabetes basah

1 komentar:

Berkomentarlah yang baik dan bijak