Sabtu, 11 Agustus 2018

Sebaiknya jaga kadar gula darah tetap normal

Kadar gula darah dalam tubuh sangat mempengaruhi kesehatan anda. Menjaga kesehatan dengan cek jadar gula darah lebih baik dari pada mengobati. Tahukan anda bahwa penyakit gula darah atau sering disebut sebagai penyakit kencing manis atau diabetes tidak bisa disembuhkan. Anda hanya dapat mengurangi dampaknya saja. Cegah diabetes mulai dari sekarang.



Memiliki kadar gula darah dalam batas normal sangat penting karena selain lebih sehat juga bisa menunjang kinerja tubuh. Namun sangat jarang yang memperhatikan hal tersebut. Apakah Anda tahu berapa jumlah kadar gula darah normal dalam tubuh anda yang seharusnya?

Sebenarnya kadar gula darah selalu berubah ubah tergantung pada kondisi sesaat. namun ada batas normal yang harus anda penuhi. Kadar gula dalam darah bisa berubah saat sebelum dan sesudah makan atau saat berpuasa. Selama tidak terpaut jauh dari batas kewajaran maka anda tetap sehat.

Berikut kadar gula darah normal pada waktu sesaat:

  • Saat sebelum makan berkisar 70 – 130 mg/dL.
  • Sekitar dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL.
  • Saat berpuasa : kurang dari 100 mg/dL.
  • Malam sebelum tidur: 100 – 140 mg/dL.
Berikut tips cara menjaga kadar gula darah normal

Bagaimana cara menjaga jumlah gula darah dalam tubuh yang benar. Menjaga gula darah agar supaya tetap dalam batas normal sangat penting untuk tetap sehat. Jika gula darah terlalu rendah (hipoglikemia) atau bahkan sangat tinggi (hiperglikemia) tidak baik bagi kesehatan tubuh anda dan pada akhirnya justru memicu timbulnya penyakit diabetes ketika melewati batas tertinggi yakni diatas 180 mg/dL.

Dengan demikian periksakan atau kontrol gula darah anda secara teratur, sehingga saat akan melewati batas normal tertinggi segeralah untuk menurunkannya. hal demikian akan lebih baik dari pada anda mengetahui setelah menderita penyakit kencing manis atau diabetes.

Namun sebenarnya secara alami ada gejala gejala yang dapat anda rasakan saat jumlah gula darah dalam tubuh rendah atau lebih kecil dari batas terendah. Dalam keadaan demikian biasanya anda akan merasakan : Tubuh lemas, Kulit pucat, Berkeringat, Kelelahan, Kelaparan, Gelisah, Sulit berkonsentrasi, Mudah marah, Kesemutan di area mulut, Tidak mampu berdiri atau berjalan, Kejang, Jantung berdebar.

Demikian juga saat zat gula darah dalam tubuh anda melebihi batas normal, maka biasanya anda akan merasakan : Bobot tubuh berkurang, Nafsu makan meningkat, Tubuh lelah, Haus, Sering buang air kecil, Mudah gelisah, Penglihatan buram, Kulit mengering, memerah dan terasa panas, sering infeksi gigi. Hati hati juga terhadap makanan yang merusak gigi anda.

Demikian sudah saatnya anda mulai memperhatikan kesehatan tubuh anda dengan rajin kontrol kandungan gula darah dalam tubuh. Rubah cara hidup anda menjadi lebih sehat dengan makan secara teratur, olah raga teratur, hidup di lingkungan yang bersih dan sehat, banyak makan buah.

Dengan olah raga secara teratur maka gula darah dalam tubuh anda akan dibakar sehingga cepat berkurang sehingga nilai normal gula darah dalam tubuh anda selalu stabil, paling tidak masih dalam batas normal. Menumpuknya zat gula darah juga bisa disebabkan karena anda kurang gerak sehingga pembakaran tubuh sangat sedikit. Jika hal ini berlangsung lama maka tumpukan gula darah akan tinggi, pelajari berbagai jenis penyakit diabetes yang perlu anda ketahui. semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Betul itu mbak dengan olah raga maka gula dalam darah akan cepat terpakai

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan bijak